RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD
Kelas/Semester :
5/1
Tema/Sub
Tema : 5. Bangga Sebagai Bangsa Indonesia/ 4.Indonesiaku,
Bangsa yang Kaya
Alokasi
Waktu : 1 X pertemuan
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
,menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,santun peduli,dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman guru,dan tetangganya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,mahluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah,di sekolah,dan tempat bermain
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis danlogis,dalam karya yang
estetis,dalam gerakkan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berahlak
mulia
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi
Dasar:
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan
akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
• Melakukan operasi hitung yang melibatkan
bilangan berpangkat dua antara 25 sampai 1000
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui
dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau
pembagian bilangan satu atau dua angka
• Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan
konsep perpangkatan antara bilangan 25 – 1000
IPS
Kompetensi
Dasar:
3.3
Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah
Indonesia
• Mengidentifikasi kenampakan alam utama di
berbagai wilayah di Indonesia
4.3
Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia
• Menyusun sebuah laporan tertulis tentang
aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis
di lingkungannya
4.5
Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia
dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
• Menyusun artikel sederhana untuk kemudian
di pajang pada majalah dinding mengenai
aktivitas manusia Indonesia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
PPKn
Kompetensi
Dasar:
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan di sekolah
• Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai
dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila
• Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai
dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila dalam lambang
negara Garuda Pancasila
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima
sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
• Menceritakan perilaku di sekitar rumah
sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar:
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair
tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
• Mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia
dalam pantun atau syair
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair
tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
• Menyunting pantun dan syair tentang kenampakan
alam utama Indonesia.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
menggali informasi dari diskusi dan bacaan, siswa mampu mengidentifikasikan
kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia dengan cermat
2.
Dengan
membuat kliping, siswa mampu menjelaskan tentang aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan
bertanggung jawab
3.
Dengan
membuat catatan kecil tentang kliping, siswa mampu menyusun artikel sederhana
tentang keterkaitan kehidupan manusia dengan kondisi geografis di lingkungannya
dengan mandiri
4.
Dengan
membaca pantun, siswa mampu mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia
dengan percaya diri
5.
Dengan
membaca pantun dan syair, siswa mampu menyunting pantun dan syair tentang
kenampakan alam utama Indonesia dengan teliti
6.
Dengan
membuat proyek Kabar di dalam Gambar, siswa mampu memberikan contoh perilaku
yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dan menceritakannya kepada temannya
dengan percaya diri
7.
Dengan
menggunakan cerita realita kehidupan, siswa mampu melakukan operasi hitung yang
melibatkan bilangan berpangkat dua dengan cermat
8.
Dengan
menggunakan konsep pemahan tentang bilangan berpangkat, siswa mampu
menyelesaikan permasalahan matematika dengan mandiri
D.
Materi Pembelajaran
PPKn : Membaca teks bacaan’Ini Wabah Ulat Bulu
Terparah dalam Sejarah’
I IPS : Membaca teks bacaan’Ini
Wabah Ulat Bulu Terparah dalam Sejarah’
SBDP : Gambar produk dan budaya
unggulan budaya unggulan daerah
E.
Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Ceramah,tanya jawab,dan diskusi
Model : Pembelajaran berbasis penemuan (Discovery
Learning)
Pendekatan :
Saintifik(mengamati,menanya,mengumpulkan
informasi,eksperimen,mengolah
informasi,dan
mengkomunikasikan).
F.
Media/Alat
Bantu dan Sumber Belajar:
Media/Alat
Bantu
Buku,
Gambar penampakan alam, kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya,
Syair, konsep perpangkatan dan berbagai hasil bilangan pangkat di operasi
hitung bilangan berpangkat dua.
Sumber : Buku Siswa SD/MI Kelas 5,Tema 1,Sub
Tema 5.Indonesiaku, Bangsa yang kaya,Hal :...
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah dalam Discovery
Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan Pembuka
|
|
a.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa
siswa dengan menanyakan kabar mereka
b.Guru
meminta salah satu siswa memimpin berdoa
c.
Guru melakukan apersepsi sebagai a wal komunikasi sebelum melaksanakan
pembelajaran inti
d.
Gurumemberi motifasi kepada siswa agar semanggat dalam mengikuti pembelajan
yang akandilaksanakan
e.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini
dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa dan
dapat dipahami
|
10’
|
|
Kegiatan Inti
|
Stimulasi
|
a.Sebagai kegiatan pembuka siswa diajak
untuk mencermati bacaan yng berjudul”Perajin Rotan”
b.Guru membimbing siswa untuk mengali
informasi dari bacaan dan menekankan fokus pencarian informasi manfaat rotan
|
15’
|
|
|
Identifikasi Masalah
|
a.Kegiatan stimulus dilanjutkan dengan
kegiatan identifikasi masalah,dengan cara memberi pertanyaan tentang mengapa adaptasi dan interaksi masyarakat
berhubungan erat dengan jenis kenampakan
alam daerah di mana mereka tinggal? dansiswa dibimbing guru untuk berdiskusi
kelompok dan membuat kliping, siswa
mampu menjelaskan tentang aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan
kondisi geografis di lingkungannya
b.Siswa mencatat hal-hal penting dalam
diskusi tersebut
c.Siswa membaca pantun dan syair, dan mampu
menyunting pantun dan syair tentang kenampakan alam utama Indonesia
d.Siswa dapat membuat proyek Kabar di dalam Gambar, siswa
mampu memberikan contoh
perilaku yang sesuai dengan sila-sila
Pancasila dan menceritakannya kepada temannya
e. siswa mampu melakukan operasi
hitung yang melibatkan bilangan berpangkat
dua
|
|
|
|
Pengumpulan Data
|
a.Siswa diberi kesempatan untuk
mengumpulkaninformasi dariberbagai sumber ,seperti pada buku siswa, surat
kabar untuk kliping
b.Hasis kerja siswa dibuat laporan
|
|
|
|
Pembuktian
|
a.Semua siswa dengan bimbingan guru mencoba menyampaikan
pendapat mereka masing-
masing tentang mengapa adaptasi dan
interaksi
masyarakat berkaitan erat dengan jenis
daerah tempat masyarakat tinggal?
b.Guru memberi penguatan materi dengan mengaitkan
pembahasan soal-soal IPS, PKn,Bahasa Indonesia dan Matematika
|
|
|
|
Menarik Kesimpulan
|
a.Siswa dengan bimbingan guru memberikan
kesimpulan
b.Kesimpulan
berupa catatan harian siswa,lembar refleksi
|
|
|
Penutup
|
|
a.Guru memperjelas lagi kesimpulan kegiatan
hari itu
b.Guru memeri tugas rumah pada siswa
c.Gurumeminta salah seorang siswa untuk
memimpin berdoa
|
10’
|
H.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
a. Penilaian Sikap :
-
Kecermatan dan ketelitian dalam kegiatan menggali informasi dalam teks dialog
-Kemandirian
dan kecermatan dalam membuat kliping
-
Percaya diri dalam membaca dan menulis
syair
-Memahami
Sila-Sila dalam Pancasila
-Memahami
konsep-konsep bilangan berpangkat dalam matematika
b.
Penilaian
Pengetahuan:
-Tes
Harian dan penugasan
c.
Penilaian
Ketrampilan:
-Penugasan
2. Bentuk instrumen penilaian
|
Rubrik Tugas Proyek Kliping
Kelompok
Kompetensi yang dinilai:
• Pengetahuan
siswa tentang hubungan kondisi geografis dengan kondisi masyarakat
• Ketrampilan
siswa dalam mencari informasi
• Keterampilan
siswa dalam mengolah dan menyajikan informasi dalam bentuk kliping
• Sikap
kemandirian dan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas.
-
|
|
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
Pengetahuan
|
Siswa me-
nunjukkan
pemaha-
man materi
yang sangat
baik, mampu
memberikan
penjelasan
yang leng-
kap tentang
keterkaitan
keadaan
geografis de-
ngan kondisi
masyarakat
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
baik, mampu
memberikan
penjelasan
yang cukup
lengkap
tentang
keterkaitan
keadaan
geografis
dengan
kondisi
masyarakat
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
cukup baik,
mampu
memberikan
penjelasan
yang cukup
engkap tentang
keterkaitan
keadaan
geografis
dengan kondisi
masyarakat
dengan sedikit
bantuan dari
guru
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi yang
cukup baik,
mampu
memberikan
penjelasan
yang cukup
engkap tentang
keterkaitan
keadaan
geografis
dengan kondisi
masyarakat
dengan banyak
bantuan dari
guru
|
|
Siswa
mampu
bekerja
secara
sistematis
dan
mencatat
hasil
pengamatan
dengan
sangat baik,
rinci dan
jelas
|
Siswa
mampu
bekerja
secara
sistematis
dan
mencatat
hasil
pengamatan
dengan rinci
dan jelas
|
Siswa perlu
bekerja
secara lebih
sistematis dan
menambahkan
beberapa
perbaikan
agar dapat
mencatat hasil
pengamatan
dengan rinci dan
jelas
|
Siswa sangat
perlu bimbingan
untuk bekerja
secara lebih
sistematis dan
mencatat hasil
pengamatan
agar lebih rinci
dan jelas
|
|
|
Ketrampilan dalam Mengomunikasikan
hasil
|
Siswa dapat
menganalisa
data/kliping
dengan
sangat
cermat dan
tepat
|
Siswa dapat
menganalisa
data/kliping
dengan baik
|
Siswa masih
perlu belajar
untuk
menganalisa
data/kliping
dengan baik
|
Siswa belum
mampu
menganalisa
data/kliping
dengan baik
|
|
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(attitude)
|
Kelompok
angat man
diri menger
akan tugas
dan mampu
menyele-
aikan sebe
lum waktu
ang ditentu
kan.
|
Kelompok
bersikap
mandiri
mengerjakan
tugas, dan
selesai tepat
waktu
|
Kelompok masih
perlu diingatkan
sesekali untuk
bekerja secara
mandiri dan
menyelesaikan
tugas tepat
waktu
|
Kelompok masih
perlu dibimbing
dalam bekerja
mandiri
dan agar
menyelesaikan
tugas tepat
pada waktunya
|
|
Ketrampilan
menyajikan
presentasi
|
Presentasi
disampaikan
dengan cara
yang kreatif
dimana ha-
sil laporan
pengamatan
kliping yang
diperoleh
dikembang-
kan dengan
mengguna-
kan kalimat-
kalimat bua-
tan sendiri
dan mudah
dipahami
|
Presentasi
disampaikan
dengan cara
yang cukup
kreatif de-
ngan hasil
laporan pe-
ngamatan
kliping yang
dapat dipa-
hami
|
Presentasi
disampaikan
dengan cara
yang kurang
menarik, kurang
inovatif, dimana
sebagian besar
dari hasil
pelaporan
pengamatan
kliping masih
perlu diperbaiki
agar dapat lebih
dimengerti
|
Presentasi
disampaikan
dengan cara
yang tidak
menarik, tidak
novatif, dimana
hampir seluruh
hasil laporan
pengamatan
kliping kurang
jelas dan
belum dapat
dimengerti
|
|
Daftar
Check Penilaian Sikap Teman
Pemahaman
Syair
(Beri
tanda pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap
Temanmu!
Lakukan
secara Jujur!)
|
|
Kriteria
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
||
|
teman saya memahami tema syair
Teman saya menganalisis
penggunaan rima dengan benar
Misalnya:______________________________________________
Teman saya dapat menganalisis
pemilihan kata dalam syair
Misalnya:
____________________________________________
Teman saya membacakan syair
dengan intonasi yang menarik,
pengucapan dan volume suara
yang jelas dan percaya dir
|
|
|
Komentar
dan Saran untuk temanmu:____________________________________________________________
|
Rubrik
Tugas Menulis Syair
|
|
N0
|
Aspek
yang di amati
|
Skor
|
|
|
||
|
1
|
Kesesuaian
dengan syarat syair dari segi bentuk
(Tiap bait
terdiri dari 4 baris, tiap baris terdiri atas
8-12 suku
kata,bersajak/berima sesuai)
5 ... Sesuai dengan semua syarat syair
...3.... Hanya sesuai dengan 2-3 syarat syair
...1 ....Tidak
sesuai dengan semua syarat syair
|
|
|
2
|
Kesesuaian dengan
syarat syair dari segi isi
(Berisikan tema
yang sesuai)
...5 ... sesuai
dengan semua syarat syair yang telah
ditentukan
...3 ... hanya
berisi sesuai dengan 1 syarat syairyang
telah ditentukan
...1 ... tidak
sesuai dengan semua syarat srair syairyang
telah ditentukan
|
|
|
3
|
Kemenarikan isi
syair dan pilihan kata ...5... Isi dan
pilihan kata
bermakna dan bervariasi
...3 ... Isi dan
pilihan kata bermakna namn kurnag
bervariasi
...1 ... isi dan
pilihan kata kurang bermakna dan tidak
bervariasi
|
|
|
4
|
Ketepatan
penulisan ejaan dan tanda baca
5... tidak ada kesalahan penulisna
ejaandan tanda
baca
... 3 ... ada beberapa kesalahan penulisan ejaan dan
tanda baca (2-3 kesalahan)
...1...banyak
kesalahan penulisan ejaan dan tanda
|
|
|
SKOR MAXIMAL
|
18
|
|
|
SKOR PEROLEHAN
|
......./
18X 100 %
|
|
|
Ceklis
Penilaian Teman
Pengamalan
nilai Pancasila sila ke 2 dan 3
(Beri
tanda pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan
secara Jujur!)
|
|
Kriteria
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
||
|
Teman saya dapat menyebutkan
pancasila sila ke 2
Teman saya memahami nilai
pancasila sila ke 2
Contoh sikap yang ia lakukan:
______________________________
Teman saya dapat menyebutkan
pancasila sila ke 3
Teman saya memahami nilai
pancasila sila ke 3
Contoh
sikap yang ia lakukan:
Teman saya melaksanakan
pengamalan sila ke 2 dan 3 sebagai
anak di rumah yang belum saya
lakukan
Misalnya:
_______________________________________________
|
|
|
Komentar
dan Saran untuk temanmu:__________________________________________________________
|
Ceklis
Penilaian Skor
Soal
Matematika
(Beri
tanda pada kolom Ya dan Tidak sesuai dengan penilaian terhadap Temanmu!
Lakukan
secara Jujur!)
|
|
Kriteria
Penilaian
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
||
|
Teman saya memahami konsep
dengan benar
Teman saya menjawab soal no 1 –
5 dengan benar?
Catatan
komentar terhadap teman saya:
|
|
|
Mengetahui
Kediri,.....2017
Kepala Sekolah
........................ ..............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar